FAKTA-FAKTA TENTANG RIBA

Standar

1. Tahukah anda bahwa, riba, faedah, dan bunga itu adalah benda yang sama?
2. Tahukah anda bahwa Setiap piutang yang mendatangkan kemanfaatan (keuntungan), maka itu adalah riba?
3. Tahukah anda bahwa riba adalah masalah utama yang menyebabkan perbedaan jurang ekonomi dimana mereka yang miskin menjadi semakin miskin dan yang kaya menjadi semakin kaya?
4. Tahukah anda bahwa riba juga salah satu penyebab jatuhnya Kekhalifahan Utsmaniyyah ?
5. Tahukah anda karangan William Shakespeare berjudul “Merchant of Venice” berkisar mengenai pengambilan riba?


6. Tahukah anda bahwa Allah SWT dan Rasul-Nya akan memerangi mereka yang tidak meninggalkan sisa riba ? (Surah Al Baqarah 2:279)
7. Tahukah anda bahwa mengambil riba, memberi riba, mencatat dan menjadi saksi pada urusan riba itu dosanya adalah sama? (Shahih Muslim)
8. Tahukah anda (Dosa) riba itu memiliki tujuh puluh dua pintu, yang paling ringan ialah semisal dengan (dosa) seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Riba yang paling besar ialah seseorang yang melangggar kehormatan / harga diri saudarnya? (Riwayat ath-Thabrany, Ibnu Majah, Baihaqi)
9. Tahukah anda bahwa menerima satu dirham (uang perak) riba dengan menyadarinya, dosanya lebih besar dari berzina 36 kali? (Ahmad)
10. Tahukah anda bahwa semasa isra’ mikraj, Nabi SAW melihat mereka yang makan riba perutnya dipenuhi dengan ular? (Ahmad, Ibn Majah)
11. Tahukah anda bahwa akan tiba masanya tidak ada seorang pun didunia ini yang tidak makan riba, jika dia tidak terlibat dengan riba sekalipun, debu atau uap riba akan kena padanya? (Sahih Abu Daud)
12. Tahukan anda Khalifah Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu telah berpesan kepada kaum muslimin : “Hendaknya tidaklah berdagang di pasar kita selain orang yang telah paham (berilmu), bila tidak, niscaya ia akan memakan riba.”
13. Tahukah anda pemakan harta riba, maka dia akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti dalam keadaan gila dan berjalan sempoyongan? (HR. Thabrani)
14. Tahukah anda bahwa dosa riba 1 (satu) diantara 7 (tujuh) dosa besar yang akan menjerumuskan (pelakunya ke dalam neraka).? (HR. Muttafaqun ‘alaihi).
15. Tahukah anda jumhur ulama telah sepakat, bahwa siapa saja yang menghalalkan riba, maka dia kafir. Serta, siapa saja yang melakukan transaksi riba, namun masih memiliki keyakinan bahwa riba itu haram, maka dia telah melakukan dosa besar, tergolong sebagai orang yang fasik dan berani memerangi Allah dan rasul-Nya.
16. Tahukah anda Orang-orang Yahudi pun dilarang mempraktekkan pengambilan bunga. Pelarangan ini banyak terdapat dalam kitab suci mereka, baik dalam Old Testament (Perjanjian Lama) maupun undang-undang Talmud.?
17. Tahukah anda dalam Kitab Exodus (Keluaran ) pasal 22 ayat 25 menyatakan: “Jika engkau meminjamkan uang kapada salah seorang ummatku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai penagih hutang terhadap dia, janganlah engkau bebankan bunga terhadapnya.”.?
18. Tahukah anda dalam Kitab Deuteronomy (Ulangan) pasal 23 ayat 19 menyatakan: “Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan, atau apa pun yang dapat dibungakan.”.?
19. Tahukah anda dalam Kitab Levicitus (Imamat) pasal 35 ayat 7 menyatakan: “Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba darinya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudara-mu bisa hidup di antaramu.?
20. Tahukah anda di Kalangan Kristen menganggap bahwa ayat yang terdapat dalam Lukas 6:34-5 sebagai ayat yang mengecam praktek pengambilan bunga.
21. Tahukah anda Kitab Perjanjian Lama yang juga diimani oleh orang Kristen. St. Basil (329 – 379) menganggap mereka yang memakan bunga sebagai orang yang tidak berperi-kemanusiaan.?
22. Tahukah anda St. Anselm dari Centerbury (1033 – 1109) menganggap bunga sama dengan perampokan.?
23. Tahukah anda Council of Vienne (tahun 1311) yang menyatakan barangsiapa menganggap bahwa bunga itu adalah sesuatu yang tidak berdosa maka ia telah keluar dari Kristen (murtad).?
24. Tahukah anda ahli filsafat Yunani terkemuka, Plato (427 – 347 SM) dan Aristoteles (384 – 322 SM), mengecam praktik bunga. Begitu juga dengan Cato (234 – 149 SM) dan Cicero (106 – 43 SM).?
25. Tahukah anda Plato mengecam sistem bunga berdasarkan dua alasan. Per-tama, bunga menyebabkan perpecahan dan perasaan tidak puas dalam masyarakat. Kedua, bunga merupakan alat golongan kaya untuk mengeksploitasi golongan miskin.?
26. Tahukah anda Aristoteles, dalam menyatakan keberatannya mengemukakan bahwa fungsi uang adalah sebagai alat tukar atau medium of exchange. Ditegaskannya, bahwa uang bukan alat untuk meng-hasilkan tambahan melalui bunga.?
27. Tahukah anda ahli filsafat yunani, Cicero memberi nasihat kepada anaknya agar menjauhi dua pekerjaan, yakni memungut cukai dan memberi pinjaman dengan bunga.?
28. Tahukah anda ahli filsafat yunani, Cato Perniagaan adalah suatu pekerjaan yang mempunyai risiko sedangkan memberi pinjaman dengan bunga adalah sesuatu yang tidak pantas…?

Dari berbagai sumber… Silahkan tambahkan sendiri teman-teman.