BERDAGANG

Standar

Berdagang adalah Usaha manusia untuk memperoleh dan meningkatkan pendapatannya dengan mengembangkan properti yang dimilikinya, dengan cara membeli komoditi dengan harga murah dan menjualnya dengan harga mahal.

Karena itu salah seorang pedagang kawakan melontarkan pernyataan yang populer untuk pengertian perniagaan dengan mengatakan “Aku ajarkan kepadamu tentang perniagaan dalam dua kalimat yang singkat : Membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga mahal”. Dengan kalimat ini, maka terjadilah Perniagaan.

Aktivitas perdagangan ini banyak berhubungan dengan jual-beli. Sehingga pedagang tertuntut untuk melakukan Mukayasah (Trik dan Rekayasa) untuk menarik perhatian konsumen.

Sangatlah jarang dan paling jarang diantara yang sudah jarang ada ditemui  pedagang yang berhati-hati dalam perdagangan.

Seorang pedagang harus menghindari diri dari memiliki ETIKA DAGANG yang RENDAH, sikap mengelak dari tanggung jawab, licik, menipu, melakukan tawar-menawar mengenai harga barang dengan perjanjian palsu, memainkan timbangan dan mempermainkan harga, dalam mendatangkan laba dan memperoleh keuntungan.

“Semoga Allah Subhanahu wata’ala berkenan memberikan petunjuk kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya dengan Karunia dan Kemuliaan-Nya”

Tipe orang yang pantas menekuni perniagaan ini adalah orang-orang yang mempunyai keberanian, mempunyai perhitungan yang cermat dan pembukuan yang valid, tepat dan tajam serta siap untuk menentang kebijakan yang salah untuk memperoleh haknya.

Adapun orang yang tidak mempunyai keberanian, ketegasan sikap, memiliki jiwa kewirausahaan, dan tidak mempunyai kewibawaan, maka ia harus menjauhkan diri dari profesi sebagai pedagang.

Sebab ia akan menghadapi resiko dimana ia kehilangan modal dengan cara yang lumrah dan tak lumrah, serta  mangsa empuk bagi para pedagang lain.

“Dan Allah lah Yang Maha Pemberi Rezeki lagi Maha Kuasa. Dialah Allah, Tuhan Penguasa Arsy Yang Maha Agung”.

Wallahua’lam
Mukaddimah Ibnu Khaldun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s