LEADERSHIP

Standar

LEADERSHIP diartikan sebagai prestise, kekuasaan, kewibawaan, kemampuan (kecakapan dan kelebihan) untuk mempengaruhi orang lain, yang umumnya predisposisi (bakat yang dibawa sejak lahir), untuk memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir, dan atau mengontrol orang lain. Sehingga ia memperoleh Rasa Hormat (RESPECT), Pengakuan (RECONGNITION), Kepercayaan (TRUS), Ketaatan (OBEDIENCE) dan Kesetiaan (LOYALTY) untuk memimpin guna mencapai visi misi.

Leadership dalam pandangan al-quran bukan sekedar kontrak sosial antara sang pemimpin dan yang dipimpin, tetapi ikatan perjanjian dia dengan الله.

Kepemimpinan adalah AMANAH, titipan الله bukan sesuatu yang DIMINTA apalagi DIKEJAR dan DIPEREBUTKAN. Sebab kepemimpinan melahirkan KEKUASAAN dan WEWENANG yang gunanya semata-mata untuk MEMUDAHKAN dan menjalankan tanggungjawab MELAYANI.

Pemimpin adalah “LEADER” yang artinya bergerak lebih awal di depan. Leader, mempelajari, mengarahkan pikiran, pendapat, tindakan orang lain ke arah yang di kehendaki karena pengaruh kepemimpinannya.

Dalam perspektif Islam, kepemimpinan merupakan kegiatan menuntun, membimbing, memandu, dan menunjukkan jalan yang di ridhai الله baik di dunia maupun akhirat.

Seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang memiliki KREDIBILITAS artinya ia dipercaya, memiliki tingkah laku yang terpuji, dan memiliki pengetahuan luas sehingga mampu menghadapi setiap problema yang ada, dan mampu memecahkan masalah yang menghadang.

Kepemimpinan seseorang sangat tergantung kepada KEPRIBADIAN nya. PENGALAMAN dan TINGKAT PENDIDIKAN yang dimiliki tidak lebih sebagai PELENGKAP/PENUNJANG belaka.

Kualitas kepemimpinan dapat dilihat dari 4 faktor, yang diambil dari kepemimpinan Rasulullah yakni :

1. Sabar (sabr).
2. Kelancaran Berbicara/eloquence (fasah).
3. Enterprise/keberanian (iqdam). dan
4. Leniency/murah hati (lin).

Kombinasi ke 4 faktor tersebut akan menjadikan pemimpin menjadi unggul, tidak hanya pada kecerdasan INTELEKTUAL namun pada kecerdasan EMOSIONAL dan kecerdasan SPIRITUAL nya.

Pemimpin merupakan teladan. Teladan yang sempurna dari kepemimpinan terdapat pada sifat di diri Rasulullah, yakni :

  1. Shiddiq (benar). Sejalannya antara perbuatan dan perkataan (INTEGRITAS).
  2. Amanah (dapat dipercaya). Senantiasa menjaga kepercayaan atas segala urusan (KREDIBILITAS).
  3. Tablig (komunikatif). Menyampaikan informasi yang benar, pengetahuan yang faktual melalui tauladan dan cinta. Komunikasi merupakan kunci terjadinya hubungan yang baik antara pemimpin dan rakyat. Tablig juga berarti akuntabel atau terbuka untuk dinilai. Akuntabilitas berkaitan dengan sikap keterbukaan (transparansi) dan tanggung jawab (KREDIBILITAS).
  4. Fathanah (cerdas). Memiliki pengetahuan yang luas, mampu memecahkan masalah dan memiliki pandangan yang jelas akan rencana yang telah ditetapkan. Kecerdasan merupakan modal kepercayaan diri. Kecerdasan yang dituntut pada seorang pemimpin tidak hanya pada kecerdasan intelektual saja, namun juga kecerdasan emosional dan spiritual.
  5. Al-Adl. Pemimpin harus mampu berlaku adil sebagai proses membangun kenyamanan.
  6. Asy-Syura. Berarti partisipasi dalam bentuk konsultasi serta diskusi untuk menghasilkan suatu keputusan. Seorang pemimpin harus menerapkan prinsip musyawarah dalam menerapkan suatu keputusan.

9 prinsip manajemen dan kepemimpinan dalam Bisnis Islam.
1. Adherence to the religious text and practicing ijtihad.
2. Shared mission, vision and values.
3. Character building.
4. Putting the right people in the right place.
5. Permanence and dynamism.
6. Building human relations.
7. Decision making process based on consultation and empowerment.
8. Controlling.
9. Model of justice, tolerance and selective adaptation.

Pemimpin harus patuh kepada akhlak syariah ketika berurusan dengan golongan oposisi atau orang-orang yang tak sepaham. Disiplin, konsisten dan konsekuen, wujud dari seorang pemimpin yang profesional.

Leadership harus mempunyai nilai dan karakteristik untuk menuju proses yang lebih baik dan sesuai sudut pandang Islam.

Barakallahufikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s