​SUPPORTERS INFLASI

Standar

A. Assalamualaikum, bro.

B. Wa’alaikumussalmu warahmatullah

A. Bro, katanya fiat money rentan akan inflasi. Inflasi apaan sih? Trus, ada nggak sih hubungannya dengan Riba, tema yang sering ente bahas?

B. Inflasi. Inflasi hanya dapat terjadi dalam masyarakat yang menggunakan uang sebagai media pertukaran.

Inflasi itu simpelnya diartikan dengan “turunnya daya beli Uang”. Terlebih nilai instrinsik nilai uang tersebut lebih kecil dari pada nominalnya.

A. Penyebab inflasi sendiri apa bro ?

B. Penyebabnya kompleks. Tapi, Suku Bunga (RIBA) lah, penyebab utama terjadinya Inflasi.

A. Kok bisa, gimana ceritanya?

B. Giniii… Produsen, yang mendapatkan modal dari pinjaman berbunga, pasti akan menambahkan bunga yang harus dibayar kepada debitur ke dalam harga barang produksinya.

Jika suku bunga naik, secara langsung harga barang dan jasa menjadi naik. Sehingga daya beli mata uang menjadi turun. Ini yang dinamakan cost-push inflation (inflasi yang disebabkan oleh dorongan biaya produksi).

Harga jual barang yang di produksi = Biaya Produksi + Bunga.

Bank yang menarik RIBA (Bunga) dari seorang pengusaha, pada hakikatnya adalah tidak menarik RIBA dari pengusaha tersebut. Melainkan dari pengguna akhir barang atau jasa yang dihasilkan oleh pengusaha tersebut yakni jutaan masyarakat sebagai konsumen.

Jika suku bunga turun maka permintaan kredit menjadi tinggi. Bank-bank pemberi kredit memberikan kredit jauh lebih besar dari fisik uang yang mereka miliki. Maka, jika jumlah uang lebih banyak dari yang semestinya, terjadilah inflasi yang dinamakan demand-pull inflation (inflasi karena meningkatnya permintaan).

Ini salah satu bukti bahwa suku bunga yang hakikatnya adalah RIBA merupakan penyebab utama turunnya daya beli duit ente terhadap barang dan jasa (INFLASI).

A. Yup. Ane pernah baca kalau suku bunga tersebut merangsang pertumbuhan ekonomi bukan inflasi, bagaimana menurut ente?

B. Ane curiga, mereka-mereka yang berpendapat seperti itu, buta dan tuli terhadap firman Allah dalam Q.S. Ar-Rūm : 39.

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ ۖ
“Dan apa-apa yang kamu berikan (berupa pinjaman) dalam bentuk riba agar harta manusia bertambah, maka hal itu tidak bertambah di sisi Allah”.

Dan juga dengan firman Allah Q.S. Al-Baqarah : 276.

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ ۗ

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”.

A. Wah, telak jawabannya. Jadi, para pelaku Ribawi supporters nya inflasi dong?

B. Exactly. Bunga Bank (Riba) sahabat baiknya inflasi dan Inflasi itu memiskinkan masyarakat. Angka yang tertera pada uang bisa saja tetap, tapi nilainya semakin menurun.

Bertransaksi RIBA (bunga) atau menandatangani transaksi RIBA (bunga) dengan Bank Murni Riba artinya ikut berkontribusi terjadinya inflasi, yang sama dengan berkontribusi memiskinkan masyarakat.

Jangan malah mengucap Hamdalah. SALAH!!!

A. انشاءالله ane nggak ikut-ikutan.

Alhamdulillah, tercerahkan. Betapa zhalim dan menyesengsarakannya sistem Bunga tersebut bagi masyarakat. Inflasi pun terjadi akibat transaksi bunga (RIBA).

Jazakallahu khairan.

B. Yup … Sama-sama bro. 😊

#AyoKeBankSyariah
#iLoveiB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s